Senin, 24 April 2017

Bulan sya'ban: Allahumma Ballighna Ramadhan

Allahumma Ballighna Ramadhan

(Ya Allah, sampaikanlah kami pada Bulan Ramadhan)

Oleh: ust. Syafiq Reza Basalamah
18 Rajab 1438 H, 15 April 2017

Hasil gambar untuk bulan sya'ban












#PENTINGNYA Bulan sya'ban (bulan di antara Ramadhan dan Rajab)
Keistimewaan Bulan Sya'ban
- Rasulullah memang banyak melakukan puasa di bulan ini, TAPI bukan berarti dibolehkan puasa full 30/29 hari looh. " Perbanyak puasa untuk persiapan bulan Ramadhan" ... bukan meNYAMAKANnya dengan Ramadhan.

- bulan diangkatnya amal. 

Rasulullah bersabda,"aku ingin amalku diangkat saat aku berpuasa"
Karena pada bulan sya'ban Rasulullah memperbanyak puasa, tentu amal2 akan lebih sering diangkat. Diangkat itu sama saja disetor. Ini sama kayak nilai rapor. Sebelum dilaporkan dan disetor, kalian pasti ingin nilainya terbaik kan? Makanya siapkan terlebih dahulu sebaik mungkin. :))

Firman Allah SWT dlm QS. Ali Imron:133
"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa"
QS. Al Mulk: 15

"Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka BERJALANLAH di segala penjurunya dan makanlah sebagian rezeki-Nya."

Lihatlah! Untuk surga, Allah menyuruh kita bersegera, sedangkan untuk dunia Allah menyuruh kita melaluinya dengan berjalan saja. ((Jangan kebalik ya))

- jangan merasa takjub dengan menjadi jumlah mayoritas. Orang Islam di Indonesia memang banyak tapi tau sendiri kan. Coba  tengok orang Islam saat ini, apakah sama dengan orang Islam zaman Rasulullah? Subhanallah Belum yaa.

Jangan seperti masa perang Hunain, karena kalian takjub dengan jumlah, Allah meninggalkan kalian."... Akan tetapi itu tidak berguna sedikitpun bagi kalian, sehingga bumi terasa sempit bagi kalian dan kalian lari tunggang-langgang."
(At Taubah:25)

#Sekarang, mengapa persiapan Ramadhan menjadi PENTING?
Nah,nah, coba tanya orang yang investasi rumah. Dia tau bahwa investasi rumah baru digunakan untuk masa depan,kan? Pertanyaannya Kenapa... harus dipersiapkan dari sekarang?

Sama tuh,, Bagaimana dengan persiapan Ramadhan? Kenapa harus ada persiapan untuk Ramadhan besok?
Sudah kah anda menghisab diri, mana yang benar mana yang salah di bulan Ramadhan?

# maka dari itu, perlu adanya Persiapan! Biar gak kaget. Diantaranya:

1) tau ilmunya
ibaratnya jika anda sebagai pengguna jalan, anda harus tau rambu-rambunya. Begitu pula di Ramadhan,agar tidak melanggar aturan, pahami aturannya

2) hisab amal
- Syarat diterimanya amal ada 2: ikhlas dan mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.
Jadi,, hisab jenis amalan kita, apakah termasuk amal yg diterima atau tidak.
- kebaikan yang caranya benar saja, belum tentu diterima, apalagi jika caranya kurang benar.
Contoh amalan: sholat nonstop. Apakah ada di ajaran Islam seperti itu? Apakah sholat Setiap waktu akan diterima oleh Allah?
Misalnya --> Di zaman nabi, ada orang yang sholat selama 60th, sholatnya itu tidak diterima satupun. Karena,apaa? Eh ternyata , karena sujud dan rukuknya BEDA dari tuntunan Rasulullah

3) bersihkan hati agar menjadi orang-orang bertakwa.
Seorang anak jika mau sekolah, pasti dites dulu kan? Ramadhan itu seperti tes untuk orang-orang BERTAKWA. Untuk mendapat gelar takwa yang tinggi, persiapkan tes tersebut dengan baik.
Jangan menjadi orang yang disebut dalam hadits rasul: " betapa banyak orang yang berpuasa tapi tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan haus."

4) silaturrahim
-Coba tebak, suatu hal penyebab amal tidak diangkat, dosa juga tidak diampuni? Yap, permusuhan( HR.muslim diriwayatkan oleh abu hurairah).
-Jadi, perbaiki hubungan kita dengan saudara, kakak,adik, orgtua, om,Tante.  silaturrahim ini dilakukan tidak hanya ketika butuh saja. (Misal: ketika butuh uang saja)
-Menyambung silaturahim tidak harus dengan fisik. Menyambung dengan memberinya hadiah tak apa-apa. Asalkan tidak memutus hubungan.

5) memanfaatkan waktu
Latihan memanfaatkan waktu. Kurangi intensitas HP untuk medsos bila itu tidak menambah kecintaan dan kedekatan kita pada Allah.
6) bayar utang puasa
Sebelum Ramadhan datang, utang utang sebaiknya dilunasi. Umur manusia tidak mengenal usia dan martabat orang.

7) intensitas membaca Alquran ditingkatkan.
Semua manusia bisa berlari. Tapi, larinya orang yang terbiasa pasti beda dengan yang tidak terbiasa. Tak terbiasa lari mungkin membuatnya ngos-ngosan

8) banyak berdoa.
Masih nyambung dengan perintah puasa ramadhan, di ayat paling bawahnya berbunyi,"Apabila hamba-hambaKu bertanya padaKu,bahwa sesungguhnya Aku dekat. aku akan mengabulkan doanya."

9) perbanyak sholat malam
Ada malam Lailatul Qadar yang perlu disiapkan dan malam2 Ramadhan yang banyak mengandung keberkahan.

10)belajar i'tikaf
-Disunnahkan beri'tikaf 10 hari terakhir.
-Cara belajar: antara Maghrib dan isya', tetap berdiam diri melakukan hal bermanfaat di masjid.
Yg perlu di perhatikan: i'tikaf itu tidak berhubungan dengan dunia luar. Termasuk medsos, bisnis, kalau ingin i'tikafnya maksimal, pasang target tidak berhubungan dengan dunia luar.

11) belajar sedekah
Bisa dipersiapkan program rutin mulai sekarang. Bisa sehari seribu atau berapapun.

12) umrah Ramadhan jika mampu.
Pahalanya seperti haji bersama Rasulullah

Sekian. Wallahu 'alam bisshawab.
Mohon maaf,apabila ada salah.
Comments


EmoticonEmoticon