Rabu, 18 Oktober 2017

Tips Mencari Kos yang ‘Baik’, Bagaimana Kriterianya?


Kos/ tempat tinggal sementara bisa menjadi kegalauan tersendiri bagi sebagian orang termasuk penulis. Mungkin kekhawatiran itu salah satunya disebabkan takutnya seseorang dengan ‘pengaruh’nya. Jika tak pandai memilih, ‘pengaruh’ itu bisa mempengaruhi dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, bisa mengubah karakter seseorang.

Mahasiswa atau karyawan yang bekerja tidak pada daerahnya sangat menginginkan kos yang baik. Nah apa saja sih kriteria kos yang baik itu?

1. Kos yang Sejenis
Menjaga diri, terutama wanita, adalah hal yang mutlak dilakukan. Jika kita merasa punya izza, kehormatan diri, mulailah untuk menghormati diri sendiri dengan memberi yang terbaik untuk pribadi kita. Apa yang sebenarnya kalian khawatirkan? Mau jodoh? Percaya deh, sekalipun ngekos di Melbourne, Arab Saudi, Amerika, kalau nggak jodoh, gimana? Pasti Allah belokkan tuh jalan. Dann…. Kalaupun jadi, mungkin sesuatu yang dipaksakan itu akan buruk ke depannya. Alias gak berkah. Jadi, mulailah mencari sesuatu yang berkah, bukan hanya kenikmatan yang dibayangkan sesaat.

2. Lingkungan Mendukung Jadi Pribadi Shaleh
Mohon maaf,kalau kata ‘shaleh’ disini lebih ditujukan ke muslim. Tapi, tiada lagi kata yang pas buat mendeskripsikan orang yang sempurna. Sempurna sifatnya, dan mungkin juga sempurna tabiat(akhlak)nya.

Mungkin, teman-teman pernah tau hadits berikut.
Sahabat yang paling baik di sisi Allah adalah yang paling baik sikapnya terhadap sahabatnya. Tetangga yang paling baik di sisi Allah adalah yang paling baik sikapnya terhadap tetangganya” (HR. At Tirmidzi 1944, Abu Daud 9/156, dinilai shahih oleh Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 103)

lebih sering lagi, temen-temen pasti tau
Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman.
HR Abu Dâwud no. 4833 dan at-Tirmidzi no. 2378. (ash-Shahîhah no. 927)

Masih banyak lagi perkataan teladan kita tentang penting dan bahaya-nya pengaruh teman bagi kehidupan kita. Pandailah mencari teman yang baik karena hati kita ini mudah dibolak-balik-kan oleh Allah. Dan setan bisa kapan saja menyusup, membisikkan pengaruh jahatnya, kemudian mereka menang!

3. Memenuhi standar kebutuhan pokok.
Kebutuhan pokok ada 3: pangan,sandang,papan. Kalau masa-masa sekarang, handphone mungkin jadi kebutuhan pokok, ya. Selanjutnya, internet. Tapi, itu nanti-nanti saja dibahas lagi :o

Kebutuhan pangan. Kebutuhan ini nggak kalah penting. Carilah tempat kos yang dekat dengan warung makan yang halal, bersih, dan murah! Makanya, bagi sebagian orang apalagi orangtua, kalau cari kos, maunya survey ke sana. Biar tau lokasi dan tempat strategis terdekat.

Kebutuhan sandang. Kalau ini mah, memang dipakai setiap saat, ya. Karena dipakai setiap saat, kalau bisa cari tempat kos dengan tempat cuci yang bersih dan terkena sinar matahari ketika menjemur. Itu penting! Karena kasihan kan bajunya kalau sudah dicuci, tapi nggak kering-kering L

Lalu, kebutuhan papan ini sedang kita bahas.

Selanjutnya, handphone, saya rasa sudah tak perlu diragukan. Dan kemudian, internet. Wah, ini penting pake banget. Orang-orang yang kalau buka tab di browser sampe ukuran kecil pasti cocok dengan tempat kos ini. Mau buka apa aja, nggak pakai mikir. Mau install aplikasi apa saja tinggal install dan non-install.

4. Kalau bisa, dekat
Penghuni kos yang dekat dengan tujuan bukan berarti bisa telat seenaknya sendiri. Tapi, bisa kita lihat, tempat kos yang dekat menguntungkan kita dari banyak hal. Meningkatkan kedisiplinan, misalnya. Karena dengan tempat kos dekat, disiplin tetap bangun pagi dan tidak menyepelekan tempat kos dekat akan lebih kuat terjaga. Kalau ada urusan untuk mengambil barang di kos juga menambah kesenangan tersendiri.


5. Lagi Buntu,mungkin bisa dikasih usulannya di kolom komentar
        
       Sekian, terima kasih. Semoga bermanfaat ya. Khususnya bagi penulis dan mungkin bagi perencana bisnis kosan.

Oh ya, kalau ada kritik dan saran, bisa dikirimkan melalui akun media sosial berikut:
Line/bbm halah, ga penting. Oke makasiih. Good luck!

setelah sekian lama tidak menulis di blog sendiri, akhirnya kesampaian juga :)




Comments

4 komentar

5. kalau bisa deket Mesjid, karena setenang2nya tempat adalah mesjid.

6. kalau bisa kosannya yang kamar mandi di luar, agar tidak ada kecoanya.

7. pengen banget terus sama kamu fid :(

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

yang terakhir bohong ya dev? wkwkw.. makasih komennyaa.. kok tau sih aku update :P


EmoticonEmoticon