Sabtu, 09 Januari 2021

Berat badan seret? Solusi GTM apa ya?

 Teman teman halwa lagi bahas tentang sesuatu yang selalu aja bikin emaknya pusing kalau turun/tetep. Apa itu? 


Bb. Bukan blackberry ya, berat badan!


Iya. Bb selaluuuuu aja dibahas. Mulai dari baru lahir, sampai saat ini mau 9 bulan. 


Bb lahir Halwa dulu 2,5kg. Termasuk pass alias paling miniiim banget buat se ukuran newborn. Tapi yang aku ucapkan waktu itu apa? Bukan ngedumel 

"eh kok bb nya dikit. Aku makannya dikit ya selama ini?"

"Padahal di USG udah 3kgan, ko dikit ya?"


Noo!! Pikiran itu memang ada, tapii nanti setelah beberapa bulan berjalan.

Bidan sih nyeletuk," Kecil ya. Pendek lagi (bayinya)"


Tutup kuping!!


Bodo amat, ga usah baper. Aku belajar dari instagram, buku, facebook, curhatan emak-emak, kalau selamanya hidup kita itu akan dikomentari oleh orang. Jadi cuek aja. Biarin. 


Yang aku syukuri.. Halwa sehat, tidak kurang suatu apapun. Badannya bersih. Lahirnya lancar (meski aku pakai induksi dikit di pembukaan akhir). Yang penting welcome to this world, anak sholihahku. ๐Ÿ˜


Aku bahkan ga percaya, sesuatu yang kubawa selama 9 bulan itu sudah keluar dengan lancar. Bahkan aku terimakasih sekali pada bu bidan yang menuntunku dengan tidak sabar ๐Ÿคฃ 


Yang pasti aku tahu, bidan melakukan "gitu" Karena ingin proses melahirkanku lancar. Semuanya sehat. Tak peduli dia ngomongin aku apa, thankyouu so much bidankuu. Ini baru permulaan omongan. "Hei kuping, kamu harus sabarr ya"


1 bulan - 7 bulan alhamdulillah BB aman sesuai target. Eeng ing eng.. 


7 bulan bb nya ga sesuai. Jleb.


Apa salahhku??

Semuanya dievaluasi. 

✒ makannya berapa suap? Menu lengkapnya gimana?

✒ aturan makan 2.30.2 ditepati ngga?

✒ asinya cukup?

Pada akhirnya, aku menemukan beberapa asumsi. Memang, halwa lagi belajar menemukan makanan favoritnya. Aku percaya, bahwa makan itu harus menyenangkan. 


Kalau ngga menyenangkan atau harus dipaksa itu brarti salah aku, umminya. 


Manis/ gurih? Rasanya enak ngga? Jamnya udah pas ? Camilannya kebanyakan? Sering dikasih makanan di luar jam makan? Susunya jarang? 


Setelah evaluasi, aku coba atur lagi jam makannya. Mungkin Halwa suka yg gurih, aku banyakin menu dengan santan. Camilan kurangi dulu. Alhamdulillah 2 minggu nimbang lagi, hasilnya membahagiakan ๐Ÿ˜


Sekarang, nungguin 2 minggu lagi agak kelamaan ya. Tapi, dlam hati udah lebih tenang sih, karena 2 minggu kemarin udah mencapai target. Alhamdulillah


Buat ibu2 di luar sana yang galau BB anak. Selowwww.. Coba dengarkan omelan orang2. Kalau omelannya ga berbobot, misalnya ngomelin 

" Kok makin kurus ya Halwa." 

"Makannya ngga doyan ya?"

"Kasih buah sayur yang banyak, biar lancar pupnya"


Aishhh.  Ku tutup kuping dan tersenyum paksa. Biarlah di luar tersenyum tapi di dalam bodo amat. 


Sekarang, mereka menilai kurus dari luar?? Helloooww 2 minggu lalu dah nimbang, aman ko (emot melet)

Makan ngga doyan? Ada yang doyan, ada yang enggak. Saya sebagai ibunya masih semangat ngenalin berbagai makanan kok. Mulai ikan, ayam, telur, daging, udang dll. Karbonya juga ganti2 ada mi, misoa, ubi, kentang, roti. 

Trus kata siapa ya sayur dan buah ngelancarin pup??? Menurut dokter meta, SpA (tuh ditambahin spesialis), sayur dan buah itu sifatnya PENGENALAN. Yaa, kira2 5 gr aja. 


Nah, gitu deh. Siapa sekarang yang harusnya tutup kuping? Atau tutup mulut aja mendingan? 


Tuh ibu2 dibilang seloww kan, ga percaya. Siapa sekarang yang bener?? Kalau dah selow, pelan2 evaluasi dan praktek terus. Kalau jenuh, coba ajukan bubur fortif. Sekarang kan ada tekstur  untuk 8 bulan ke atas. 


Nah gitu yaa, sekian curhat malam kali ini. Semoga manfaat๐Ÿ˜Š


Comments


EmoticonEmoticon